5 Film Terbaik yang Dibuat Bong Joon-ho

5 Film Terbaik yang Dibuat Bong Joon-ho
Daftar Isi Artikel

    Bong Joon-ho, seorang sutradara asal Korea Selatan, membuat sejarah saat dia membawa pulang piala Oscar untuk Sutradara Terbaik dan Film Terbaik. Tak cuma Oscar, beberapa acara penghargaan lain juga menghadiahi dia piala untuk film terbarunya yang berjudul Parasite.

    Terakhir kali seorang sutradara Asia memenangkan Oscar adalah di tahun 2013, saat sutradara asal Taiwan, Lee Ang memenangkan penghargaan Sutradara Terbaik untuk drama Life Of Pi (2012). Namun film tersebut kalah oleh Ben Affleck's Argo untuk Film Terbaik.

    Parasite adalah film Asia pertama yang memenangkan penghargaan Film Terbaik. Film ini mengisahkan keluarga miskin saat mereka dengan cerdik menyusup ke rumah tangga orang kaya, sebagai guru tutor privat, terapis seni, pembantu rumah tangga dan sopir mereka.

    Film thriller komedi yang kelam, yang juga memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes 2019 ini, berlatar di Korea Selatan tapi menawarkan pandangan tajam pada ketidaksetaraan di seluruh dunia saat ini.

    Berbicara soal Parasite, film itu kabarnya akan dibuat menjadi serial episode oleh HBO. Jadi sambil menunggu series Parasite dirilis, kalian bisa mencoba menonton 5 Film Terbaik yang Dibuat Bong Joon-ho lainnya yang sudah Otaku Hyung rangkum di bawah ini!

    1. Parasite (2019)


    Parasite memadukan semua ide Bong tentang ketidaksetaraan sosial, yang sudah menggerakkan film-filmnya sepanjang karirnya, dan menyusunnya menjadi sebuah mahakarya.

    Film thriller yang menceritakan tentang keluarga miskin yang menumpang hidup di keluarga kaya (layaknya parasit), melambungkan Bong ke ketenaran internasional, memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes dan film terbaik di Oscar 2020.

    Ini adalah film yang bekerja di semua tingkatan, dengan desain dan garis set metaforis yang membawa pesan film hingga akhir yang tak terduga. Buat kalian yang belum nonton film ini, mending buruan nonton deh!

    2. Mother (2009)


    Di sebuah kota kecil di Korea Selatan, seorang pemuda dengan disabilitas intelektual dituduh melakukan pembunuhan. Ibunya, seorang wanita tua dengan praktik akupunktur tanpa izin, mencoba untuk membersihkan namanya. Mother meminjam nada dari crime-comedy klasik Coen brothers seperti "Fargo" dan "Barton Fink". Film ini juga mengambil peran kecil untuk Lee Jung-eun, yang kemudian bermain sebagai pembantu rumah tangga di "Parasite".

    Bong menarik keseimbangan rumit membuat film yang menampilkan karakter dengan cacat intelektual, kemarahan orang benar pada masyarakat yang tidak menganggap serius kebutuhannya, dan seorang ibu yang peduli yang cintanya menjadi jantung kisah yang berdetak kencang.

    Mother merupakan film terbaiknya setelah Parasite.

    3. Memories of Murder (2003)


    Film kedua Bong Joon-ho, yang diangkat berdasarkan kisah nyata. Memories of Murder menceritakan tentang sepasang detektif yang tidak cocok yang mencoba memecahkan kasus pembunuhan berantai pertama Korea pada tahun 1980-an.

    Film ini menetapkan direktur sebagai master shift tonal. Film ini punya komedi aneh, tapi lebih dari itu, ini merupakan prosedur mencekam yang menggali jauh ke dalam kesedihan keluarga mereka yang terbunuh dan keputusasaan para petugas yang tidak mampu menyelamatkan para korban.

    Film ini juga pertama kalinya Bong bekerja dengan Song Kang-ho, yang kemudian membintangi "The Host," "Snowpiercer," dan "Parasite".

    Aslinya, kasus itu masih belum terpecahkan saat Bong membuat film itu, tapi pihak berwenang Korea Selatan mengatakan mereka menemukan pembunuhnya saat dia berkampanye untuk "Parasite" pada bulan September.

    4. Snowpiercer (2013)


    Snowpiercer adalah film level blockbuster berbahasa Inggris pertama Bong Joon-ho dengan genre sci-fi. Dibintangi oleh Chris Evans, Song Kang-ho, dan dengan giliran yang aneh dari Tilda Swinton yang meramalkan pekerjaannya di Okja, "Snowpiercer" hanya menjadi lebih relevan secara sosial dengan waktu.

    Film ini berlatar di masa depan yang hancur oleh perubahan iklim, di mana semua kehidupan bertahan hidup dengan satu kereta yang mengelilingi dunia. Orang miskin ada di belakang, memakan sisa makanan dan berjuang untuk hidup. Di depan adalah orang kaya, yang berpesta di hari-hari terakhir planet ini.

    Dengan action yang keren, humor, dan kebenaran moral, film ini memang pantas jadi salah satu film Bong yang terbaik.

    5. The Host (2007)


    Sangat mudah untuk melihat mengapa "The Host", adalah film Korea Selatan dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

    Film tersebut berpusat pada keluarga yang disfungsional yang mencoba menyelamatkan salah satu dari mereka sendiri dari monster ganas yang tinggal di Sungai Han. Film ini juga merupakan kritik politik terhadap orang Amerika yang menyerang negara lain tanpa memperhatikan penduduk setempat, dan birokrasi yang tidak kompeten yang membuat setiap masalah menjadi lebih buruk.

    Pada intinya, ini adalah kisah yang mengharukan, lucu, dan menggetarkan tentang menemukan keluarga di tempat-tempat yang paling tak terduga.



    Itulah daftar rekomendasi 5 film terbaik yang dibuat oleh sutradara Bong Joon-ho. Sebenarnya masih banyak film-film lain karya Bong Joon-ho yang gak kalah kerennya dengan film-film diatas, seperti Okja (2017), Tokyo! (2008), dan Barking Dogs Never Bite (2000).
    Bagaimana menurut kalian? Apakah ada film favorit kalian dalam daftar diatas? Atau kalian punya pendapat lain tentang film terbaik Bong Joon-ho? Silahkan saja beri komentar di bawah ini. Terima kasih~