5 Drama dan Film Korea Terbaik yang Dibintangi D.O. EXO

5 Drama dan Film Korea Terbaik yang Dibintangi D.O. EXO
Daftar Isi Artikel

    Do Kyung-soo atau yang lebih dikenal dengan nama panggung D.O, adalah seorang penyanyi dan aktor Korea Selatan kelahiran 12 Januari 1993. Pada tahun 2010, dia disarankan untuk mengikuti audisi untuk SM Entertainment setelah memenangkan kontes menyanyi lokal. Dia kemudian menjadi trainee selama dua tahun terakhirnya di sekolah menengah. Lalu secara resmi diperkenalkan sebagai anggota kedelapan boygrup EXO pada 30 Januari 2012.

    Terlepas dari kegiatan grupnya, D.O. sudah berpartisipasi dalam berbagai drama televisi dan film layar lebar. Dimulai dari drama To The Beautiful You (2012) dimana dia tampil sebagai cameo. Lalu ditahun 2014 dia tampil sebagai peran pendukung dalam film Cart dan drama It's Okay, That's Love.

    Sebagai salah satu aktor idola terkemuka di Korea Selatan, D.O. juga sudah meraih perhatian publik lebih lanjut dan pujian kritis dengan berbagai perannya dalam film dan drama. Di antara semua drama dan filmnya, Otaku Hyung sudah memilih 5 Drama Korea Terbaik yang Dibintangi D.O. EXO yang tidak bisa kalian lewatkan di bawah ini!

    1. My Annoying Brother (2016)


    My Annoying Brother adalah film bergenre drama komedi yang dirilis pada tahun 2016. Dibintangi oleh Jo Jung-suk, Do Kyung-soo dan Park Shin-hye. Film ini menduduki puncak box office lokal dan mencapai lebih dari satu juta tampilan dalam waktu empat hari sejak rilis.

    Bercerita tentang atlet Judo Nasional bernama Doo-young (Do Kyung-soo) yang mengalami kerusakan saraf optik selama acara internasional dan kehilangan penglihatannya secara permanen. Kakak laki-lakinya, Doo-shik (Jo Jung-suk) yang telah terasing dari Doo-young, mengambil keuntungan dari kelemahan saudara lelakinya itu untuk dibebaskan dari penjara.

    Bagi Doo-young yang kehilangan orang tuanya karena kecelakaan saat remaja dan harus berjuang sendiri sejak saat itu, berita kedatangan Doo-shik ke rumah merupakan masalah untuk dihadapi. Dia hampir tidak bisa menyesuaikan diri dengan kenyataan kalau dia buta selama sisa hidupnya, tapi sekarang dia harus berurusan dengan saudara lelakinya yang suka menipu.

    Meskipun awalnya ragu-ragu, Doo-young perlahan-lahan menerima kakaknya, yang secara bertahap mengambil alih dan membantunya menyesuaikan diri dengan kecacatannya. Setelah kedua bersaudara itu mulai menebus kesalahan, Doo-shik sadar kalau dia berada pada tahap akhir kanker stadium akhir. Dia cuma punya waktu singkat untuk mengucapkan selamat tinggal kepada saudaranya dan membantunya memenangkan emas di Rio Paralympics, yang akan mengamankan masa depannya.

    2. 100 Days My Prince (2018)


    100 Days My Prince adalah drama serial televisi yang dirilis pada tahun 2018 yang dibintangi Do Kyung-soo dan Nam Ji-hyun. Drama itu ditayangkan di TVN mulai dari 10 September hingga 30 Oktober 2018. Drama ini menjadi drama Korea dengan peringkat ketujuh tertinggi di televisi kabel dalam sejarah.

    Serial bergenre historical romance drama ini bercerita tentang Lee Yul (Do Kyung-Soo) yang merupakan seorang putra mahkota. Suatu ketika saat dalam perjalanan ke ritual hujan, dia dan para pengikutnya disergap oleh para pembunuh yang pada akhirnya dia tertembak dengan panah di dadanya saat dalam pelarian, dan tanpa sengaja terjatuh hingga kepalanya terbentur, menjadikannya tidak sadar. Lalu saat dia bangun, dia sudah kehilangan ingatannya.

    Yi-seo (Nam Ji-hyun), salah satu orang yang berhasil melarikan diri tanpa cedera dalam kudeta, diadopsi oleh seorang lelaki biasa dan sekarang hidup menyamar sebagai seorang gadis petani bernama Hong-shim. Lalu ayah angkatnya menemukan Lee Yul yang terluka parah dan merawatnya hingga sembuh.

    Lalu suatu ketika, Hong-shim dipaksa untuk menjadi selir bangsawan bejat. Hong-shim menolak karena dia mengatakan kalau dia sudah bertunangan dengan seorang pria bernama Won-deuk yang bertugas di militer. Batas waktu untuk dekrit berlalu dan karena Hong-shim masih belum menikah, ia dikenai hukuman 100 pencambukan. Untuk menyelamatkannya, ayahnya memanfaatkan amnesia Lee Yul. Lee Yul yang sangat skeptis diberi tahu kalau dia adalah laki-laki bernama Won-deuk, yang merupakan tunangan Hong-shim.

    3. Cart (2014)


    Cart adalah film tahun 2014 yang disutradarai oleh Boo Ji-young yang bercerita tentang karyawan supermarket ritel yang bersatu saat pekerja kontrak diberhentikan.

    Film yang mengkritik kehidupan sosial ini sebagian besar terinspirasi oleh insiden 2007 di mana Homever, sebuah rantai supermarket yang dimiliki oleh E-Land Group, memecat pekerja sementara, yang sebagian besar perempuan, dan menggantinya dengan karyawan outsourcing untuk memotong undang-undang baru yang mengharuskan karyawan diberi status pekerja tetap.

    Di film ini, D.O. memainkan peran pendukung sebagai Tae-young, seorang siswa sekolah menengah dan putra seorang pekerja toko kelontong dan anggota serikat pekerja, Sun-hee (Yum Jung-ah).

    Berkat film ini, D.O. dinominasikan sebagai Best New Actor dalam ajang penghargaan 10th Max Movie Awards, Best Newcomer dalam ajang penghargaan 9th Asian Film Awards, dan Best Supporting Actor dalam ajang penghargaan 52nd Grand Bell Awards. Meskipun ketiganya tidak menang.

    4. Pure Love (2016)


    Pure Love adalah film bergenre roman drama yang dirilis secara internasional dengan judul Unforgettable. Film yang dirilis pada tahun 2016 ini dibintangi oleh Do Kyung-soo dan Kim So-hyun.

    Film ini menceritakan seorang DJ radio yang mendapat sepucuk surat dari cinta pertamanya yang membawa kenangan yang hampir terlupakan di masa lalu.

    23 tahun yang lalu pada tahun 1991, lima teman menghabiskan musim panas bersama. Salah satunya, Beom-sil (Do Kyung-soo) yang pemalu dan polos yang jatuh cinta pada Soo-ok (Kim So-hyun). Beom-sil menyukai Soo-ok dan menunggu di dekat jendela rumah gadis itu selama musim panas. Soo-ok menderita cedera kaki yang tidak bisa membuatnya berjalan dengan baik sehingga dia selalu dibawa oleh Boem-sil. Cinta itu berbunga dan bagaimana dia selalu melihatnya sebagai gadis yang ingin dinikahinya.

    5. Along with the Gods: The Two Worlds (2017)


    Along with the Gods: The Two Worlds adalah film aksi fantasi tahun 2017 yang disutradarai oleh Kim Yong-hwa yang diadaptasi berdasarkan komik webtoon Along with the Gods oleh Joo Ho-min. Film ini dibintangi oleh Ha Jung-woo, Cha Tae-hyun, Ju Ji-hoon dan Kim Hyang-gi. Bercerita tentang pengadilan di akhirat di mana orang yang meninggal menjalani beberapa pengadilan selama 49 hari.

    Film ini diambil sebagai satu tetapi disajikan dalam dua bagian. Bagian pertama, Along with the Gods: The Two Worlds, dirilis pada 20 Desember 2017. Sekuelnya, berjudul Along with the Gods: The Last 49 Days, dirilis pada 1 Agustus 2018.

    Meskipun bukan sebagai pemain utama, dalam film ini, D.O. menjadi pemain pendukung yang punya peran penting sebagai prajurit bernama Won Dong-yeon. Kabarnya sendiri, D.O. juga dikonfirmasi akan kembali hadir dalam film Along with the Gods 3 yang kabarnya akan dirilis pada tahun 2021.



    Itulah daftar rekomendasi 5 drama dan film Korea terbaik yang dibintangi oleh D.O (EXO). Sebenarnya masih banyak K-drama dan K-movie lain yang menampilkan Doo Kyung-soo. Seperti It's Okay, That's Love (2014), Exo Next Door (2015), Be Positive (2016), Room No.7 (2017), dll.
    Bagaimana pendapat kalian? Apa kalian punya rekomendasi lain? Berikan pendapat kalian dengan memberi komentar di bawah ini. Terima kasih~