10 Anime Sport Terbaik di Tahun 2019

10 Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
Daftar Isi Artikel

    Seperti namanya, anime olahraga adalah anime yang menampilkan olahraga di tengah narasi mereka. Beberapa olahraga populer yang ditampilkan antara lain, bola basket, bola voli, baseball, dan sepak bola. Anime genre ini biasanya punya cerita yang seperti yang terjadi dalam kehidupan nyata, tapi dengan tambahan sentuhan dramatis dan banyak aksi dan prestasi yang sengit.

    Tahun 2019 sudah berlalu, dan Otaku Hyung sudah memutuskan untuk merangkum 10 anime olahraga terbaik untuk kalian pertimbangkan dan tambahkan ke daftar tontonan kalian. Percaya atau tidak, banyak jenis olahraga yang berhasil menembus dunia anime, bahkan yang paling tidak kalian duga. Tapi satu hal yang umum bagi mereka semua, mereka akan membuat kalian menyadari kalau menonton olahraga di anime tidak bisa diprediksi dan membosankan sama sekali. Sebenarnya, sebagian besar, kalau tidak semua, akan membuat kalian terpikat pada kemegahan aksi anime olahraga tanpa kalian sadari. So, langsung saja simak 10 Anime Sport Terbaik di Tahun 2019 berikut ini!

    1. Diamond no Ace: Act II

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : geekculture.co
    Episode : 52 episode
    Genre : Comedy, Sports, School, Shounen
    Diamond no Ace: Act II menceritakan tahun berikutnya setelah akhir turnamen musim gugur, dimana tim baseball Seidou High School bertarung dengan wajah-wajah baru dan lama saat mereka memulai turnamen mereka di Koshien.

    2. Chihayafuru 3

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : rabujoi.wordpress.com
    Episode : 24 episode
    Genre : Drama, Game, Josei, School, Slice of Life, Sports
    Memenangkan turnamen tim sekolah menengah adalah prestasi besar bagi anggota Mizusawa. Masing-masing dari mereka sudah membuat langkah besar dalam memperbaiki diri mereka sendiri, dan kemenangan itu membuktikan seberapa jauh mereka melangkah. Tapi setelah mencapai satu tujuan, tujuan individu mereka berada dalam jangkauan. Chihaya Ayase punya pandangan tertuju pada Wakamiya Shinobu dan gelar Ratu, dan sekarang Taichi Mashima berhasil masuk ke Kelas A, dia akhirnya bisa bersaing dengan Arata Wataya. Semua orang di Mizusawa ingin menjadi lebih baik, dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan kalau mereka terus berusaha.

    3. Free! Movie 3: Road to the World - Yume

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : youtube.com
    Episode : 1 episode (Movie)
    Genre : Comedy, Drama, School, Slice of Life, Sports
    Free! Movie 3: Road to the World - Yume adalah film rekapan dari serial Free!: Dive to the Future yang menampilkan beberapa scene baru. Dengan para senior yang telah lulus dari sekolah menengah, para perenang yang tekun dengan penuh semangat mengambil masa depan mereka dengan sebuah impian untuk dipenuhi. Menghadapi kenyataan dan tantangan menghadapi perenang kaliber yang lebih tinggi, Haruka harus bekerja keras untuk memantapkan dirinya kalau dia bermimpi bersaing di tingkat internasional.

    4. Hoshiai no Sora

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : rogueshogunate.com
    Episode : 12 episode
    Genre : Slice of Life, Sports, Drama, School
    Terus-menerus dikalahkan oleh klub perempuan, klub soft tenis laki-laki menghadapi pembubaran karena keterampilan mereka yang buruk dan kurangnya hasil positif dalam pertandingan. Klub mereka sangat membutuhkan anggota, karenanya Toma Shinjou mencari seseorang pemain yang jago untuk bisa direkrut, tapi dia gagal untuk mencari siapa pun. Lalu ada Maki Katsuragi, siswa pindahan baru yang menunjukkan refleks hebat saat dia menangkap seekor kucing liar di kelasnya, yang menarik perhatian Toma. Dengan minatnya yang terusik, Toma dengan ambisius meminta Maki untuk bergabung dengan klub soft tennis laki-laki tapi dengan cepat ditolak, karena Maki tidak ingin bergabung dengan klub mana pun. Toma menolak untuk mundur dan akhirnya membujuk Maki, dengan syarat Toma akan membayarnya untuk partisipasinya dan menutupi biaya klub lainnya.

    Saat Maki bergabung dengan tim, bentuknya yang luar biasa dan pembelajaran cepat memungkinkannya untuk segera mengalahkan tim lainnya. Meskipun ini menimbulkan konflik di antara anak laki-laki, Maki menantang dan mendorong sesama anggota timnya untuk tidak hanya mengikuti bakatnya yang tampaknya alami, tapi juga mendorong mereka untuk mengabdikan diri pada permainan yang pernah mereka abaikan.

    5. Ahiru no Sora

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : animefeminist.com
    Episode : 50 episode
    Genre : Comedy, Sports, Drama, School, Shounen
    Sora Kurumatani sudah berjuang dengan tubuh pendeknya sejak awal cintanya pada permainan bola basket. Meskipun kehilangan aspek menguntungkan ini, dorongan Sora yang teguh tidak pernah membiarkan perawakannya yang kecil mendikte kemampuannya untuk bermain, sangat percaya dalam mencoba yang paling sulit dan terus-menerus berlatih untuk membuktikan kemampuannya.

    Dengan harapan untuk memenuhi keinginan ibunya, Sora memasuki SMA Kuzuryuu untuk menjadi anggota klub bola basket dan bersaing dengan sepenuh hati dalam turnamen. Namun, Sora kecewa mengetahui kalau tim bola basket anak laki-laki itu cuma retret bagi punk yang tidak tertarik pada olahraga. Sora juga sadar kalau kakak beradik yang dia kenal, Chiaki dan Momoharu Hanazono, juga sudah kehilangan motivasi bersemangat untuk bermain.

    Bertekad untuk menghidupkan kembali tim bola basket, Sora menantang anak-anak itu untuk bertanding melawannya, di mana kaki cepat dan gerakan cepatnya membanjiri grup. Dipengaruhi secara bertahap oleh keterampilan Sora yang mengesankan, usaha keras, dan pengabdian yang tak kenal lelah pada bola basket, anak-anak itu secara tak terduga menemukan hasrat mereka yang meluap-luap untuk menyalakan permainan bola basket lagi.

    6. Dumbbell Nan Kilo Moteru?

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : myanimelist.net
    Episode : 12 episode
    Genre : Comedy, Ecchi, Slice of Life, Sports
    Kecintaan Hibiki Sakura terhadap makanan mulai memengaruhi ukuran tubuhnya. Dalam upaya melangsingkan tubuh, dia pergi ke gym lokal hanya untuk menemukan dua masalah. Ini adalah surga bagi para body builder yang mengintimidasi, dan teman sekelasnya Akemi yang punya obsesi dengan otot yang sangat agresif. Setelah bertemu dengan pelatih pribadinya yang tampan, Machio, Hibiki menggigit peluru dan memulai pencariannya untuk mendapatkan tubuh yang langsing.

    7. Mix: Meisei Story

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : beneaththetangles.com
    Episode : 24 episode
    Genre : Drama, Romance, School, Shounen, Sports
    Karena legenda yang ditinggalkan oleh Tatsuya Uesugi, Sekolah Menengah Akademi Meisei terkenal dengan tim baseball mereka yang kuat. Tapi 26 tahun setelah kemuliaan mereka, tim baseball mereka belum mampu menjaga rekor dan sejak itu kehilangan ketenaran mereka.

    Dua saudara tiri, Souichirou dan Touma Tachibana, bertujuan untuk menghidupkan kembali tim bisbol Akademi Meisei yang dulu kuat dan memasuki Kejuaraan Baseball Sekolah Menengah Nasional. Souichirou dan Touma adalah murid kelas dua di Sekolah Menengah Akademi Meisei. Keduanya adalah pemain baseball yang berbakat. Souichirou sudah menunjukkan keterampilan luar biasa sebagai penangkap dan pemukul. Meski punya keterampilan luar biasa sebagai pelempar, Touma tidak lagi melempar karena alasan tertentu. Begitu keduanya masuk SMA, mereka berpasangan sebagai rekan dan bertujuan untuk memasuki Kejuaraan Baseball Sekolah Menengah Nasional!

    8. Hachigatsu no Cinderella Nine

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : otakuusamagazine.com
    Episode : 12 episode
    Genre : School, Sports
    Dalam permainan, pemain mengambil peran sebagai mantan pemain bisbol liga senior kecil yang tidak disebutkan namanya yang kehilangan karir bisbolnya setelah menderita cedera yang tidak ditentukan. Karakter tersebut pindah ke kampung halaman neneknya dan mendaftar di sekolah menengah setempat, memutuskan untuk tidak memasuki dunia bisbol lagi. Saat karakter tersebut bertemu Tsubasa Arihara, dia dibujuk untuk menjadi manajer tim bisbol sekolah, dan untuk membawa tim ke kejuaraan sekolah menengah di Koshien.

    9. Circlet Princess

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : youtube.com
    Episode : 12 episode
    Genre : Action, School, Sci-Fi, Sports
    Virtual Reality dan kedatangan Teknologi Circlet sudah mengubah kehidupan banyak orang. Sebuah olahraga elektronik kompetitif baru yang disebut Circlet Bout muncul, dan sekolah-sekolah berduel untuk menentukan Klub dan pemain Circlet Bout terkuat. Suatu hari, Yuuka Sasaki dikira sebagai penantang dan bertarung melawan Chikage Fujimura, pemain terbaik di Jepang, mengikat pertarungan yang sengit meskipun dia tidak berpengalaman. Peristiwa-peristiwa ini menyebabkan kecintaannya pada olahraga, memutuskan untuk menjadi pemain Circlet Bout.

    Dua tahun kemudian, Yuuka pindah ke Tokyo dan mendaftar di Union School, tempat di mana dia bisa berlatih dan mengejar mimpinya melawan Chikage lagi. Setelah kedatangannya di Union School, dia menemukan klub itu ditutup. Sekarang tujuan pertamanya adalah untuk membantu atlet Miyuki Kasahara dan manajer klub Ayumu Aizawa membuka kembali Circle Bout Club Union dan mengembalikannya ke kejayaan sebelumnya.

    10. Kandagawa Jet Girls

    Rekomendasi Anime Sport Terbaik di Tahun 2019
    Sumber : animefeminist.com
    Episode : 12 episode
    Genre : Sports, Ecchi
    Di dunia ini, olahraga paling populer disebut 'Jet Race'. Dengan tim yang berisi dua gadis yang terdiri dari satu 'Jetter' dan satu 'Shooter' yang saling serang menggunakan senjata air. Rin Namiki adalah putri Jetter legendaris dan dia bermimpi menjadi seorang Jet Racer sendiri. Rin meninggalkan pulau asalnya dan tiba di Asakusa, Tokyo. Di sana dia bertemu dengan Misa Aoi yang keren dan mereka berdua akhirnya menjadi rekan. Ikatan mereka secara bertahap semakin dalam saat balapan dengan saingan mereka.


    Itulah daftar rekomendasi 10 anime genre olahraga terbaik yang dirilis di tahun 2019. Beberapa anime seperti Diamond no Ace: Act II dan Chihayafuru 3, serialnya masih berlanjut sampai sekarang. Jadi mungkin buat kalian yang suka menikmati marathon anime dengan download batch, bisa menonton anime sport lain selain kedua anime tersebut, yang sudah selesai.
    Bagaimana menurut kalian? Manakah anime sport terbaik pilihan kalian? Berikan pendapat kalian dengan memberi komentar di bawah ini. Terima kasih~