10 Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020

10 Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
Daftar Isi Artikel

    K-pop masih terus berkembang, dan akan jadi lebih besar dari sebelumnya. Tumbuh setiap hari tidak hanya di Asia tapi di seluruh dunia. Selain itu, agensi hiburan K-pop melaporkan laba tinggi sepanjang masa dan grup pop mendapatkan paparan global. Pada tahun 2019, BTS tampil di SNL yang membuat mereka menjadi musisi Korea pertama di acara itu. Oleh karena itu, aset utama Korea masih terus menjadi K-Pop karena agensi hiburan K-Pop terus mencari bakat baru. Sebagian besar perusahaan / agensi K-Pop ini ingin melakukan ekspansi ke luar Korea dan ke pasar Asia lainnya serta Amerika Serikat. Beberapa idol K-pop terkaya dimulai sebagai penggemar sebelum mengejar impian mereka. Orang-orang di seluruh dunia menginginkan K-Pop lebih dari sebelumnya.

    Sebagian besar perusahaan agensi Korea terdaftar di KOSDAQ (SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, dan CUBE Entertainment). Baik SM dan YG Entertainment sudah menjadi dua agensi yang paling dominan selama satu dekade terakhir. Namun, dengan semua skandal K-pop yang dihadapi YG pada tahun 2018, JYP dan SM sekarang berjuang untuk mendapatkan posisi teratas.

    Dan berikut ini adalah daftar 10 Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020 yang hingga kini bersaing untuk mencapai posisi puncak!

    1. Big Hit Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : allkpop.com
    Artis : BTS, TXT, dan Lee Hyun
    Kesuksesan Big Hit Entertainment adalah karena satu grup dan hanya satu grup ... BTS. Big Hit hanyalah sebuah perusahaan kecil dan pada 2007 mereka berada di ambang kebangkrutan. Tapi dengan BTS, mereka mampu membuat salah satu boygrup terbesar sepanjang masa. BTS adalah boy band 7 anggota dan mereka telah menjual jutaan album dan beberapa video mereka di YouTube menjadi yang paling banyak ditonton. Mereka memulai debutnya pada tahun 2013. Karena itu mereka telah bekerja keras dan akhirnya pecah secara global pada tahun 2019.

    Sejauh ini BTS diperkirakan sudah menambahkan $3,8 miliar ke ekonomi Korea. Grup ini bisa menghasilkan $40 miliar selama satu dekade berikutnya untuk ekonomi Korea Selatan. Karena itu, bisa dibilang Big Hit Entertainment menjadi agensi Kpop terkaya dengan penghasilan terbesar saat ini.

    Mereka pertama kali datang ke AS pada 2014. Grup itu tinggal di LA dan belajar tentang budaya barat. Mereka bahkan tampil di LA K-Con. Sejak itu mereka berkolaborasi dengan Nicki Minaj, Halsey, dan Ed Sheeran. Pada 2017 memenangkan penghargaan billboard untuk Top Social Artists, ,engalahkan Justin Bieber dan Selena Gomez. Pada 2018 BTS bekerja sama dengan UNICEF, Converse, Coca Cola, Puma, dan Hyundai. Pertunjukan stadion mereka di seluruh dunia dengan cepat terjual habis. Pada 2019 mereka tampil di Soldier Field dan Metlife Stadium menghasilkan lebih dari $30 juta dalam penjualan tiket. Bahkan Tur Love Yourself/Face Yourself mereka menghasilkan lebih dari $100 juta.

    Pada tanggal 29 Juli, Big Hit Entertainment mengumumkan secara resmi kalau mereka menandatangani kontrak untuk memperoleh saham di Source Music, agensi yang mengelola grup idol GFriend, dimana mereka akan menjadi bagian dari agensi Big Hit. Dan berita terbesar yang mencapai tahun 2020 baru-baru ini, Big Hit Entertainment kabarnya hendak mengakuisisi Pledis Entertainment yang menaungi grup SEVENTEEN dan NU’EST. Sayangnya, kabar ini masih belum resmi diputuskan.

    2. JYP Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : koreaboo.com
    Artis : 2PM, DAY6, JJ Project, GOT7, TWICE, Stray Kids, ITZY, dll
    JYP Entertainment didirikan pada tahun 1997 oleh J.Y. Park. Perusahaan dikenal karena membuat legenda K-pop seperti Wonder Girls, Rain, dan Miss A. Channel YouTube mereka punya lebih dari 12 juta subscriber. Grup populer mereka saat ini, TWICE, punya lebih dari 3,5 juta follower di Twitter dan Instagram. Sementara perusahaan fokus pada Cina, JYP banyak fokus pada Jepang. TWICE memecahkan semua catatan rekor untuk girlgrup K-pop di Jepang. Hilangnya Suzy akan melukai JYP, tapi hal terbaik yang dilakukan JYP adalah menemukan bakat dari seluruh dunia. Mereka mengadakan audisi di seluruh Asia. Mengambil perhatian pada ITZY dan Stray Kids pada tahun 2020 dan mereka diharapkan bisa sukses tiap tahun.

    3. SM Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : koreaboo.com
    Artis : S.E.S., TVXQ, Girl’s Generation, Super Junior, Shinee, f(x), EXO, Red Velvet, NCT, BoA, Kangta, dll
    SM Entertainment sekarang sedang berjuang melawan JYP untuk merebutkan posisi ke-2. Perusahaan sudah banyak berfokus pada pasar Cina pada tahun 2019. Mereka akan melanjutkannya pada tahun 2020. Setelah mendapatkan investasi dari Alibaba dan sekarang Tencent, popularitas mereka semakin meningkat di China. Kalau kalian lihat channel Youtube mereka, mereka punya lebih dari 21 juta subscriber. Data menunjukkan kalau lebih dari 90% subscriber bukan berasal dari Korea. Selain itu, sebagian besar dari Cina. Kemitraan strategis mereka dengan Tencent Music Entertainment akan membantu distribusi dan pemasaran SM Entertainment di pasar musik Cina. SM bahkan punya boyband Cina bernama WayV.

    Penjualan platform musik dan video SM sudah meningkat hampir 50% dari tahun lalu. Tayangan YouTube tahunan SM sudah mencapai hampir di bawah 8 miliar pada akhir 2018. Girlgrup top mereka saat ini adalah Red Velvet, dan boygrup top mereka adalah Super Junior. SM berencana untuk membuat Girl's Generation versi Amerika serta NCT versi Eropa. Kedua grup SM yang akan lebih didorong pada 2020 nantinya adalah NCT 127 dan SuperM, yang keduanya punya akhir yang bagus di kalender 2019.

    4. YG Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : kstarlive.com
    Artis : Sechs Kies, Big Bang, Winner, iKon, Blackpink, Treasure, Jinusean, AKMU, dll
    YG Entertainment adalah agensi dengan kekuatan yang tak terhentikan di Industri Kpop di masa lalu. LVMH menginvestasikan $80 juta ke YG Entertainment dan raksasa media sosial China Tencent dan perusahaan tiket online terkaitnya Weiying Technology setuju untuk menginvestasikan $85 juta ke YG Entertainment pada 2016. Weiying punya 8,2% YG dan Tencent punya 4,5%. Mereka juga mendapat kerja sama / investasi besar dari Naver, portal internet terbesar Korea Selatan sekitar $90 juta (9% saham ekuitas). Grup teratas mereka saat ini adalah Black Pink yang melakukan tur dunia pada tahun 2019. Mereka juga bermitra dengan label perwakilan Universal Music Group, Interscope.

    Sayangnya tahun 2019 menjadi tahun yang mengerikan bagi YG Entertainment. Menyusul skandal Burning Sun yang melibatkan Seungri Big Bang, tuduhan korupsi kepada mantan CEO Yang Hyun-suk dan skandal narkoba yang melibatkan pemimpin iKon B.I, membuat Yang Hyun-suk mengundurkan diri dari semua posisi di YG Entertainment dan menyerahkan jabatannya kepada saudaranya, Yang Min-suk, yang lalu juga mengundurkan diri sebagai CEO pada 14 Juni 2019. Hwang Bo Kyung lalu diangkat sebagai CEO baru YG Entertainment pada 20 Juni 2019.

    Strategi mereka untuk tahun 2020 mungkin akan berfokus pada comeback BLACKPINK. Namun, BLACKPINK tidak bisa menggantikan Big Bang. Ini harus menjadi tahun yang menarik. Jadi mereka mulai mempersiapkan boygrup baru dari hasil survival show YG Treasure Box. Mereka ada TREASURE, boygrup baru yang beranggotakan 12 orang laki-laki.

    5. Stone Music Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : youtube.com
    Artis : SG Wannabe, Davichi, Eric Nam, Roy Kim, Off the Record Entertainment (IZ*ONE and Fromis_9), MMO Entertainment (Kim Feel, IN2IT, and Son Ho-young), LM Entertainment (Yoon Ji-sung), Studio Blu (Heize, DAVII, $ammy, Truedy, and Mia), Swing Entertainment (X1 and Kim Jae-hwan), dll
    Stone Music Entertainment adalah perusahaan swasta di bawah CJ ENM, yang merupakan salah satu perusahaan penerbit bersama terbesar di Korea Selatan. Mereka tidak hanya label rekaman, tapi juga agensi bakat dan perusahaan produksi musik. Mereka mendirikan label eksklusif mereka sendiri, Off The Record Entertainment untuk mengelola grup pemenang dari program Korea populer seperti Produce 48, IZ*ONE dan pemenang Idol School, Fromis 9. Mereka juga mendirikan label eksklusif LM Entertainment, Swing Entertainment, MMO Entertainment, dan Studio Blu.

    6. FNC Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : youtube.com
    Artis : F.T. Island, CNBLUE, AOA, N.Flying, SF9, Cherry Bullet, dll
    Bagi FNC Entertainment, 2018 jadi tahun yang sangat mengerikan. Dan 2017 merupakan tahun yang lebih baik. Tahun 2018 membawa banyak skandal dari F.T. Island dan AOA. Perusahaan itu sendiri tampaknya kurang baik dalam kepemimpinan dan tampaknya punya banyak korupsi dan merupakan salah satu perusahaan K-pop yang kepopulerannya rendah.

    Pada 2017, segalanya berjalan lebih lancar. FNC mulai lebih fokus pada dance. FNC telah dikenal untuk band-band keren / hipe seperti CNBLUE, SF9, dan AOA yang semuanya sudah beralih ke lebih dari grup dance. Pada tahun 2018, CEO FNC Entertainment Han Sung Ho mundur untuk fokus pada manajemen bakat sebagai produser eksekutif mereka. FNC Entertainment saat ini dijalankan oleh co-CEO Ahn Suk Joon dan Han Seung Soon.

    Namun, bintang terbesar untuk FNC Entertainment bukanlah bintang K-Pop tapi Yoo Jae Suk yang terkenal yang mereka tanda tangani pada tahun 2017. Penandatanganan itu saja menaikkan harga saham FNC sebesar 30% menaikkan nilai perusahaan hingga mendekati $300 juta. Aktor veteran Lee Dong Gun juga terus membantu FNC karena mereka ingin membagi basis bakat mereka di tengah. Boygrup SF9 menjadi fokus FNC pada 2019, dengan mendorong mereka debut di Jepang dan juga Amerika Latin. Selain itu ada girlgrup baru mereka, Cherry Bullet, meskipun kepopuleran mereka sepertinya masih kurang. Lalu ada aktor Jung Hae-in yang menjadi bintang besar yang naik daun untuk FNC Entertainment. Dia berada di drama Korea hit "Something in the Rain", yang mana dia punya potensi untuk menambah hingga $20 juta per tahun untuk FNC.

    7. Cube Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : seoulbeats.com
    Artis : BTOB, CLC, Pentagon, (G)I-DLE, A Train to Autumn, Jo Kwon, Jang Hyun-seung, dan Yoo Seon-ho
    Cube Entertainment sudah menemukan kesuksesan besar dengan grup baru mereka PENTAGON dan (G)I-DLE. PENTAGON tampak menggantikan BEAST yang meninggalkan Cube Entertainment, dan (G)I-DLE menggantikan Hyuna serta 4Minute yang bubar. Ini adalah upaya untuk menghidupkan kembali Cube Entertainment, melihat saham mereka menderita kerugian terus menerus bahkan dari tahun 2017 hingga 2018. Keberhasilan Cube tergantung pada kesuksesan BTOB (penjualan digital top 2018), kebangkitan PENTAGON, CLC, dan (G)I-DLE yang mengambil langkah berikutnya.

    Dengan hilangnya 4Minure dan BEAST, penting bagi PENTAGON dan CLC untuk mengambil kelonggaran yang tidak dapat mereka lakukan. Kehilangan BEAST adalah pukulan telak bagi Cube Entertainment. HyunA juga akhirnya meninggalkan Cube Entertainment setelah mengakui hubungan dengan Dawn, mantan anggota PENTAGON. Melihat kembali sejarah Cube Entertainment, kalian bisa mengatakan kalau satu-satunya hit populer mereka adalah BEAST. Mungkin mereka harus berpikir tentang merestrukturisasi model bisnis mereka dalam hal mengelola artis mereka.

    8. Starship Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : kpopmap.com
    Artis : Monsta X, Cosmic Girls, K.Will, Soyou, Jeong Sewoon, Dasom, dll
    FAVE Entertainment sebelumnya dikenal sebagai LOEN Entertainment dan anak perusahaan mereka Starship Entertainment Sudah banyak sukses dengan grup beranggotakan 12 orang, Cosmic Girls dan tentu saja IU yang merupakan salah satu bintang terbesar di Korea saat ini. IU tidak hanya seorang musisi tapi juga seorang aktris yang sangat sukses. Dia adalah kekuatan pendorong di balik hiburan FAVE. Fokus Starship untuk 2019 adalah untuk terus melihat ke pasar Cina dan Cosmic Girls yang anggotanya terdiri dari Korea dan Cina adalah kesempatan terbaik mereka untuk itu. Dengan SISTAR yang mengundurkan diri yang menyisakan Soyou dan Dasom, Starship akan berupaya mengembangkan kemampuan individu mereka untuk karier solo dan akting. Selain itu ada masih ada MONSTA X, boygrup teratas Starship, meskipun pada tahun 2019 lalu Wonho mengakhiri kontraknya karena tuduhan narkoba.

    9. Woollim Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : google.com
    Artis : Infinite, Lovelyz, Golden Child, Rocket Punch, dll
    Woollim Entertainment bergabung dengan SM Entertainment melalui SM C&C pada 2013. Namun, tiga tahun kemudian kedua perusahaan secara resmi berpisah. Woollim Entertainment sekarang adalah perusahaan independen. Artis utama mereka termasuk INFINITE dan Lovelyz. Namun, member INFINITE, L mengumumkan dia akan keluar dari agensi. Woollim Entertainment memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya. Namun, pembubaran INFINITE tidak dipertimbangkan sama sekali. Saat ini, para anggota bertugas di militer Korea.

    Akuisisi besar Woollim adalah Takahashi Juri dari grup idol Jepang AKB48 untuk girl grup baru 6 anggota mereka, Rocket Punch. Ini bisa menjadi rencana jangka panjang mereka untuk menembus pasar Jepang. Mereka adalah salah satu perusahaan hiburan K-pop besar yang secara agresif mencari peluang untuk memasuki Jepang. Lalu ada Golden Child yang berpotensi akan meneruskan INFINITE seraya menunggu para member mereka menyelesaikan wajib militer. Pada Oktober 2019 lalu, member Lovelyz, Kei juga melakukan debut sebagai penyanyi solo dengan menggunakan nama aslinya Kim Ji-yeon.

    10. Pledis Entertainment

    Perusahaan / Agensi K-Pop Terbaik di Tahun 2020
    Sumber : youtube.com
    Artis : 2PM, Day6, JJ Project, Got7, Twice, Stray Kids, Itzy, dll
    Pledis Entertainment sudah sukses besar dengan girl grup mereka After School selama beberapa tahun terakhir. Namun, banyak penggemar melihat After School sebagai harapan sekali karena mereka tidak membuat comeback sejak merilis "Because of You". Namun, sampai hari ini After School masih punya pengikut yang kuat di Cina dan Jepang dan masih menempati peringkat di tengah tangga lagu Korea meskipun anggotanya hanya tersisa Nana dan E-Young seorang. (Baca :
    15 Grup K-Pop yang Dirusak Oleh Perusahaan Mereka
    )
    Baru-baru ini Pledis menemukan kesuksesan besar dengan boygrup mereka, SEVENTEEN dan NU’EST. Kedua grup itu akan didorong keras pada tahun 2019. Mereka berdua punya potensi untuk memiliki dampak global yang besar. Channel YouTube Pledis punya 850.000 subscriber. Mereka sudah mulai mengunggah kontent dari grup SEVENTEEN di channel Pledis dengan harapan meningkatkan jumlah subscriber mereka.


    Itulah daftar 10 perusahaan atau agensi Kpop terbaik di tahun 2020. Bisa dilihat dari daftar diatas, YG Entertainment sudah bukan lagi masuk dalam The Big 3 yang dulu bersaing bersama SM dan JYP. Karena skandal yang terjadi di agensi YG, Big Hit Entertainment mulai menyusul YG seiring dengan bertambahnya kepopuler BTS di seluruh dunia yang membuatnya menaiki peringkat pertama sebagai agensi hiburan Korea terbaik saat ini, disusul JYP dan SM.
    Jadi bagaimana menurut kalian? Berikan pendapat kalian dengan berkomentar di bawah ini.