5 Grup K-pop yang Kemungkinan Akan Bubar Tahun Depan

5 Grup K-pop yang Kemungkinan Akan Bubar Tahun Depan
Daftar Isi Artikel

    Pada tahun 2009, pemerintah Korea menciptakan undang-undang baru yang membatasi semua kontrak idola K-Pop hingga maksimum 7 tahun. Itu berarti setiap grup yang memulai debutnya pada tahun 2014 akan segera memulai pembicaraan pembaruan kontrak dengan perusahaan mereka.

    Kalau mereka memperpanjang kontrak mereka, kita masih bisa melihat mereka untuk beberapa generasi kedepan. Tapi kalau dari idol-idol tersebut memilih untuk tidak memperpanjang kontrak mereka, apakah mereka akan bubar? Well, ini masih belum pasti. Jadi kita tunggu saja keputusan 5 Grup K-pop yang Kemungkinan Akan Bubar Tahun Depan berikut ini.

    1. GOT7

    Grup K-pop yang Kemungkinan Akan Bubar Tahun Depan
    Sumber : kpopmap.com

    Keputusan kontrak GOT7 akan diumumkan sekitar Januari 2021, karena mereka debut pada Januari 2014. Tapi GOT7 sudah berbicara secara terbuka tentang apa yang disebut "kutukan 7 tahun", yang mengklaim sebagian besar kelompok akan bubar pada tahun ketujuh mereka atau sebelumnya. Dalam sebuah wawancara sebelum comeback "Spinning Top" mereka tahun lalu, GOT7 mengungkapkan kalau mereka tidak khawatir tentang kutukan tersebut. JB mengatakan kalau semua anggota akan merasa kesulitan untuk mempromosikan diri sendiri tanpa rekan tim di sisi mereka.

    2. Lovelyz

    Grup K-pop yang Kemungkinan Akan Bubar Tahun Depan
    Sumber : toggle.sg

    Memulai debutnya pada bulan November 2014, Lovelyz akan menegosiasikan kembali kontrak mereka dan memutuskan apakah akan tetap bersama pada November 2021 nanti. Sejak debut, Lovelyz sudah menampilkan kinerja grafik yang baik secara konsisten sebagai sebuah grup, dan para anggota sudah melakukan tur di seluruh Asia bersama-sama. Pada Oktober 2019 lalu, Kei Lovelyz sudah merilis solo pertamanya, "I Go".

    Namun, beberapa penggemar berpikir kalau anggota tertentu bisa saja meninggalkan Woollim Entertainment di masa depan karena perlakuan buruk selama beberapa tahun terakhir. Meskipun satu atau dua anggota dimungkinkan akan meninggalkan grup tanpa menyebabkan pembubaran, kalau beberapa anggota memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka, akan sulit bagi Lovelyz untuk terus promosi bersama.

    3. MAMAMOO

    Grup K-pop yang Kemungkinan Akan Bubar Tahun Depan
    Sumber : narvii.com

    MAMAMOO melakukan debut resmi mereka pada Juni 2014, yang berarti Juni 2021 nanti bisa menjadi bulan terakhir mereka sebagai sebuah grup. Keempat anggota MAMAMOO sendiri sudah memulai karir solo sukses mereka sendiri. Di antara mereka, para anggota sudah merilis puluhan lagu solo dan kolaborasi dengan artis lain. Bahkan tahun lalu, Hwasa membuat hits dengan single "Twit", yang mencapai peringkat 1 di tangga lagu Gaon.

    Jadi, apa itu berarti mereka lebih mungkin untuk bubar atau tetap bersama? Beberapa penggemar K-Pop berspekulasi kalau para anggota bisa saja meninggalkan RBW untuk fokus pada musik mereka sendiri. Yang lain percaya kalau karena para anggota saat ini sukses sebagai solois saat mengejar karir grup, mereka tidak punya alasan untuk meninggalkan grup atau perusahaan mereka di masa depan.

    4. Red Velvet

    Grup K-pop yang Kemungkinan Akan Bubar Tahun Depan
    Sumber : knowkpop.com

    Red Velvet memulai debutnya pada Agustus 2014, yang berarti mereka mungkin saja akan bubar pada Agustus 2021 nanti. Beberapa penggemar percaya kalau anggota Red Velvet bisa saja meninggalkan perusahaan mereka ketika kontrak mereka berakhir karena kurangnya promosi solo yang baik. Tapi ada satu hal yang disetujui ReVeluv (fans Red Velvet) kalau para gadis ini punya ikatan yang erat dan tidak akan menganggap remeh kemungkinan bubar.

    Secara teknis, SM Entertainment jarang secara resmi membubarkan grupnya. Tetapi begitu anggota meninggalkan perusahaan, menjadi jauh lebih sulit untuk mengatur serangan balik. Sayangnya, Girls 'Generation belum punya comeback OT8 sejak Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun meninggalkan perusahaan.

    Dan untuk Yeri sendiri, karena dia bergabung dengan grup di tahun 2015 saat Red Velvet merilis "Ice Cream Cake", jadi kontraknya mungkin tidak akan berakhir hingga 2022.

    5. WINNER

    Grup K-pop yang Kemungkinan Akan Bubar Tahun Depan
    Sumber : panaynews.net

    WINNER dibentuk oleh YG Entertainment pada 2013, tapi menghadapi beberapa penundaan dalam debut mereka. Mereka akhirnya merilis album dan single pertama mereka pada bulan Agustus 2014, membuat penggemar percaya kalau kontrak mereka akan berakhir pada Agustus 2021.

    Banyak penggemar WINNER setuju kalau grup diperlakukan tidak adil selama bertahun-tahun, dimulai sejak debut mereka. Salah satu anggota, Taehyun, sudah meninggalkan grup sejak tahun 2016, menjelaskan kalau dia tidak bahagia di YG Entertainment.

    Dan tampaknya para anggota akan setuju. Pada 2016, WINNER membuat comeback pertama mereka setelah hiatus 1,5 tahun yang mengkhawatirkan. Bahkan saat mereka promosi di acara Yoo Huiyeol Sketchbook, Seunghoon memperingatkan calon idol untuk menghindari audisi di YG Entertainment. Jadi, kalau para anggota masih tidak senang dengan perusahaan mereka, ada kemungkinan besar mereka bisa bubar tahun depan.


    Itulah daftar 5 grup Kpop yang mungkin saja akan bubar tahun depan. Otaku Hyung peringatkan lagi, kalau kelima grup diatas masih belum pasti akan bubar atau tidak di tahun 2021 nanti. Bisa saja mereka masih memperpanjang kontrak, bisa saja salah satu anggota yang keluar, atau memang sudah saatnya untuk berpisah.
    Jadi bagaimana? Apa kalian sudah siap kalau mereka bubar? Berikan pendapat kalian dengan berkomentar di bawah ini. Terima kasih~